website humas kabupaten wonogiri

“SEHAT WARGANE”

 

Program Nyata Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Pembangunan bidang kesehatan adalah bagian tidak terpisahkan dari strategi pembangunan nasional. Tujuan pembangunan bidang kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Pemerintah pusat telah menerbitkan kebijakan melalui jaminan kesehatan nasional yang memberikan asuransi kesehatan kepada masyarakat miskin dengan Kartu Indonesia Sehat.

Kenyataan di daerah bahwa program jaminan kesehatan belum bisa menjangkau seluruh penduduk miskin yang ada diwilayah. Ketersediaan data penduduk miskin yang akurat menjadi salah satu kendala Program JKN mampu menjangkau mereka yang berhak.

Hal inilah yang menyebabkan rasa keadilan dalam bidang kesehatan belum sepenuhnya dirasakan penduduk miskin karena harus mengeluarkan biaya kesehatan cukup besar untuk sekedar memperoleh pelayanan kesehatan. Bukan itu saja, kualitas pelayanan kesehatan bagi mereka yang memakai kartu jaminan kesehatan dirasa belum memenuhi kaidah yang seharusnya diterima, dibandingkan mereka yang mampu membayar.

Fakta inilah yang menyebabkan keprihatinan Pemerintah Kabupaten Wonogiri hingga memasukkan program Sehat Wargane dalam Panca Program Bupati Wonogiri. Berbagai kebijakan telah dilaksanakan diantaranya pembangunan sarana dan prasarana kesehatan khususnya pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri, perbaikan sistem manajemen pelayanan, dan perubahan sistem rekruitmen Sumber Daya Manusia yang lebih transparan dan akuntabel. Begitu juga pelayanan kesehatan pada Puskesmas yang ada di wilayah kecamatan. Perbaikan nantinya tidak hanya infrastruktur akan tetapi juga sistem operasional sehingga mampu memberikan pelayanan cepat, tepat dan berkualitas pada masyarakat.

Dari sisi kuantitas sarana dan prasarana kesehatan, data menunjukkan di Kabupaten Wonogiri terdapat 1 rumah sakit umum daerah, 8 rumah sakit swasta, 34 puskesmas, 46 balai/ klinik kesehatan dan 230 poli klinik desa.

Untuk memberikan rasa keadilan dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin, mulai tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Wonogiri mengeluarkan kebijakan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi penduduk miskin yang belum masuk dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan akan dibiayai dari dana APBD Kabupaten Wonogiri dengan perawatan khusus di Bangsal Kelas III RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Anggaran yang disiapkan untuk program pelayanan kesehatan gratis kurang lebih Rp. 15 milyar.