Panca Program
Wonogiri
Wonogiri, dulunya dikenal sebagai kota yang tandus dan kering. Namun, masyarakatnya mempunyai jiwa dan semangat yang ulet, tekun dan pekerja keras. Wonogiri saat ini tidak seperti yang dulu. Kota indah di selatan Solo dengan berbagai potensi yang dimiliki.

Wonogiri

Wonogiri, dulunya dikenal sebagai kota yang tandus dan kering. Namun, masyarakatnya mempunyai jiwa dan semangat yang ulet, tekun dan pekerja keras. Wonogiri saat ini tidak seperti yang dulu. Kota indah di selatan Solo dengan berbagai potensi yang dimiliki.

Joko Sutopo

 

Bupati Wonogiri yang saat ini memimpin pemerintahan di Wonogiri, Periode 2016 – 2021. Berusaha mewujudkan harapan masyarakat Wonogiri. Beliau tegas, sederhana dan humanis. Dalam memimpin Wonogiri, beliau merancang apa yang disebut dengan “Panca Program”. Lima program yang terencana dan terukur, dengan pelaksanaan serta progres secara bertahap menjadi nyata. 

Panca Program

Bupati rakyat, lebih familier dengan sapaan “Mas Jekek” berasal dari keluarga sederhana. Anak seorang bakul jamu. Sejak kecil sudah terbiasa hidup dalam kesulitan. Pada masa kepemimpinannya, beliau ingin menjadikan masyarakat Wonogiri berdaya saing.

Edy Santosa
Beliau menjadi pendamping "Mas Jekek" untuk mewujudkan Wonogiri sebagaimana harapan masyarakat. Wakil Bupati Wonogiri, bersama Bupati akan mewujudkan tugas dan amanah yang diemban dengan sesanti "Sesarengan Mbangun Wonogiri"

Edy Santosa

Beliau menjadi pendamping “Mas Jekek” untuk mewujudkan Wonogiri sebagaimana harapan masyarakat. Wakil Bupati Wonogiri, bersama Bupati akan mewujudkan tugas dan amanah yang diemban dengan sesanti “Sesarengan Mbangun Wonogiri”

Panca Program 

Dengan mengusung sesanti Sesarengan Mbangun Wonogiri, Jekek-Edy berusaha membangun satu kebersamaan antara eksekutif, legislatif, dan masyarakat dalam satu gerak membangun Wonogiri. Visi yang mereka bawa adalah Membangun Wonogiri SUKSES, Beriman, Berbudaya, Berkeadilan, Berdaya Saing dan Demokratis.

Visi ini telah diterjemahkan dalam Panca Program Bupati Wonogiri yang berisi 5 (lima) skala prioritas Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam  peningkatan kesejahteraan rakyat Wonogiri. Lima skala prioritas ini adalah pembangunan infrastruktur, pembangunan ekonomi kerakyatan dengan pembangunan pasar tradisional, pengembangan bidang pendidikan dengan program pendidikan dasar gratis, peningkatan pelayanan kesehatan, dan pembangunan pertanian.

Panca Program

1

Pembangunan bidang infrastruktur  meliputi peningkatan jalan dan jembatan yang sebelumnya dalam kondisi memprihatinkan. Ruas jalan kabupaten yang menjadi tanggung jawab Jekek-Edy sepanjang 1.038 km yang memerlukan alokasi dana paling besar. Dengan penerapan kebijakan satu ruas tuntas, menjadi satu solusi yang coba diterapkan, yaitu dengan membangun ruas jalan hingga selesai dengan alokasi dana mencukupi.

2

Dalam Panca Program Bupati Wonogiri Joko Sutopo juga memasukkan pembangunan ekonomi kerakyatan dengan pembangunan pasar tradisional. Dari fakta yang ada, selama kurang lebih 15 tahun, baru satu pasar tradisional yang berhasil dibangun. Hal ini sangat ironis karena pasar tradisional merupakan pusat perekonomian rakyat yang nyata. Melihat fakta ini, Bupati Joko Sutopo melakukan terobosan dengan menargetkan satu tahun harus ada pembangunan satu pasar tradisional.

3

3

Dalam skala prioritas Panca Program lainnya adalah peningkatan bidang pendidikan dan mewujudkan program pendidikan dasar gratis.

4

Langkah Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam mengurai rumitnya permasalahan peningkatan layanan kesehatan dimulai dengan pembangunan infrastrukur pada RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri. Penataan sistem pengadaan sarana dan prasarana kesehatan hingga ke tingkat Puskesmas sebagai unit pelayanan kesehatan tingkat dasar. Peningkatan kualitas SDM aparatur kesehatan dengan pola rekruitmen yang terbuka dan profesional.

Peningkatan pelayanan kesehatan juga menjadi satu bidang prioritas dalam Panca Program Bupati Wonogiri. Kesehatan ini merupakan satu indikator  dalam index pembangunan manusia, sehingga pemerintah berkewajiban menyelenggarakan satu layanan bidang kesehatan yang berkualitas, ramah dan adil bagi seluruh rakyat.

Pertanian merupakan satu kekuatan ekonomi yang menjadi mata pencaharian sebagian besar penduduk Wonogiri. Oleh karena itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menempatkan pertanian, satu dari lima prioritas Panca Programnya

5

5

Panca Program

Mari “Sesarengan Mbangun Wonogiri” sukseskan Panca Program!

Muara dari semua kerja keras seluruh komponen baik eksekutif, legislatif dan dukungan masyarakat Wonogiri adalah mewujudkan satu kesejahteraan masyarakat Wonogiri dengan sesanti Sesarengan Mbangun Wonogiri.

Perubahan Nyata

alun - alun kota wonogiri baru

Revitalisasi Alun-Alun

Selain lima skala prioritas dalam Panca Program tersebut, Bupati Wonogiri Joko Sutopo bersama Wakil Bupati Edy Santosa juga melakukan perubahan terkait dengan wajah kota Wonogiri. Penataan wajah kota Wonogiri dimulai dari dibangun kembali Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri sebagai ruang publik

Penataan PKL

Disisi lain, penataan wajah kota juga diikuti dengan pengaturan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini belum tersentuh oleh kebijakan pemerintah. Dengan diawali dari diskusi panjang dengan seluruh anggota PKL yang ada di Kota Wonogiri, pelan tapi pasti keberadaan PKL sudah mulai nampak lebih tertib tanpa mengganggu sarana yang memang diperuntukan bagi masyarakat umum.

Penataan PKL tidak hanya di kota Wonogiri akan tetapi hingga PKL di wilayah kecamatan lain. Penataan wajah kota akan dilanjutkan dengan membangun kembali taman-taman yang sudah mulai usang dan tidak terurus.

Panca Program
Panca Program

Untuk itulah, secara intensif Bupati Wonogiri dalam setiap kesempatan mengajak seluruh masyarakat Wonogiri menjadikan Pendopo ini tempat melakukan aktivitas kerakyatan yang bertujuan membangun satu sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dalam memecahkan persoalan yang dihadapi. Kegiatan sarasehan, pertemuan rutin, kegiatan keagamaan, hingga aneka lomba telah digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Pendopo Sebagai Ruang Publik

Bupati Wonogiri Joko Sutopo  juga telah merubah keberadaan Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri sebagai ruang publik. Selama ini pendopo masih dianggap tempat yang jarang tersentuh oleh masyarakat. Bahkan masih banyak masyarakat Wonogiri yang belum pernah menginjakkan kaki di Pendopo Bupati Wonogiri.

Kebersamaan Pemerintahan Joko Sutopo Dan Dukungan Masyarakat Wonogiri

Panca Program

Piala Adipura Buana sebagai penghargaan kepada Kota Wonogiri sebagai kota layak huni

Panca Program

Kabupaten Pro Investasi dari Gubernur Jawa Tengah atas raihan prestasi dalam bidang penanaman modal terbaik

Panca Program

Adi Karya Pangan Nusantara dari Presiden Republik Indonesia atas prestasi Desa Pijiharjo Kecamatan Manyaran sebagai desa yang mampu mengelola ketahanan pangan

Panca Program

Dana Rakca dari Kementrian Keuangan atas prestasi tata kelola keuangan terbaik

Panca Program

Penghargaan Terbaik II dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah kepada Pemerintah Kabupaten Wonogiri atas prestasinya sebagai badan penyelenggara layanan publik yang mampu menerapkan manajemen informasi yang transparan

Panca Program

Laporan Hasil Evaluasi (LHE) Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Tahun 2016 Pemkab Wonogiri memperoleh nilai 58,89 dengan predikat CC (Cukup). Peringkat teratas se – soloraya, peringkat ketiga se- Jawa Tengah.

Panca Program

Piala Wahana Tata Nugraha atas prestasi manajemen tata kelola transportasi terbaik

Semua prestasi yang diraih bukan tujuan akhir pemerintahan Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Wakil Bupati Edy Santosa, hanya sebagai satu indikator nyata kinerja pemerintahan yang telah dilaksanakan. Dan yang utama, ini semua tentunya tak lepas dari  peran masyarakat Wonogiri yang bersama – sama berpartisipasi dalam upaya membangun Wonogiri lebih baik lagi

Back to top