website humas kabupaten wonogiri

 POTENSI PARIWISATA KABUPATEN WONOGIRI

Di Wonogiri ada beberapa lokasi yang potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata berbasis masyarakat diantaranya:

  1. TAMAN REKREASI SENDANG ASRI WADUK GAJAH MUNGKUR

Event pariwisata Gelar wisata budaya juga dilaksanakan di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, pada bulan Sura setiap tahun, menampilkan atraksi budaya adat Kabupaten Wonogiri antara lain :

Kegiatan ruwatan masal, setiap tahun diminati oleh kurang lebih 200 orang baik oleh masyarakat  maupun di luar Wonogiri.

 Jamasan Pusaka Milik Mangkunegara I

 Tari Tradisional khas Wonogiri

  1. PANTAI SEMBUKAN

Obyek wisata ini masuk wilayah Desa Paranggupito, kecamatan Paranggupito berjarak 60 km dari Ibu Kota Kabupaten Wonogiri kearah selatan  atau memerlukan waktu perjalanan  kira-kira 2 jam dengan kendaraan bermotor dan kondisi jalan mulus.

Event yang dilaksanakan di Obyek Wisata Ritual Pantai Sembukan menampilkan atraksi Labuhan Ageng dengan melabuh Kepala Kerbau / Lembu yang dilaksanakan oleh  masyarakat desa Paranggupito, Pemkab Kabupaten Wonogiri maupun Keraton Surakarta. Upacara Ritual Labuhan Ageng ini dimaksudkan untuk memohon keselamatan dan ketentraman bangsa dan negara. Dalam acara ini juga dipentaskan tarian sakral yaitu Tari Bedoyo Parang Kencono. Event ini sangat menarik dan selalu mendatangkan wisatawan yang cukup banyak.

  1. SETREN GIRIMANIK

Obyek Wisata ini masuk wilayah Kec. Slogohimo dengan jarak (40 Km) bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam dengan kondisi jalan mulus.

Kawasan wisata Girimanik merupakan kawasan wisata alam yang berudara sejuk dan panorama alam yang sangat indah. Di kawasan wisata ini terdapat 3 buah air terjun yang dinamakan Air Terjun Manik Moyo yang mempunyi ketinggian 70 meter, Air Terjun Tinjo Moyo yang mempunyai ketinggian 30 meter, dan Air Terjun Condromoyo. Tidak jauh dari Air Terjun Manik Moyo terdapat sebuah tempat sakral peninggalan atau petilasan Raden Mas Said yang dikenal dengan nama Batu Resi.

  1. PANTAI NAMPU

Lokasi : Desa Gunturharjo, Kecamatan Pranggupito
Waktu Tempuh : ± 2 jam dari pusat kota Wonogiri.
Jenis Wisata : Wisata Alam (Wisata Tirta/Pantai)

  1. KAHYANGAN

Lokasi : Dlepih, Kec. Tirtomoyo

Waktu Tempuh: ± 1 jam 30 menit dari pusat kota Wonogiri.

Wisata ritual Kahyangan adalah tempat petilasan pertapaan  Raja-raja tanah Jawa.

Obyek wisata ini tepatnya terletak di desa Dlepih Kecamatan Titromoyo, berjarak 50 km  arah tenggara dari Kota Wonogiri. Sampai sekarang tempat ini dikeramatkan oleh Kasultanan Yogyakarta, terbukti setiap 8 tahun (sewindu) sekali di adakan upacara Labuhan Ageng.

Begitu pula pada malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon setiap bulan Suro, Pemkab Wonogiri mengadakan upacara Sedekah Bumi, di lanjutkan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk. Upacara tersebut adalah sebagai wujud terima kasih dan doa rakyat Wonogiri kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu diberi keselamatan dan ketenteraman.

  1. GOA PUTRI KENCANA

Gua Putri Kencono ini terletak di desa Wonodadi termasuk Kecamatan Pracimantoro, berjarak 8 Km dari Kecamatan Pracimantoro atau 40 Km dari ibukota Kabupaten Wonogiri. Gua ini mempunyai luas  1000 m2 mempunyai stalagtit dan stalagmite yang sangat indah.

  1. UMBUL NAGA

Umbul Naga adalah  sumber mata air alam yang ada di Desa Karanglor Kecamatan Manyaran. Debit umbul Naga mencapai 35 liter/detik. Di sekitar umbul Naga terdapat pohon-pohon besar yang dapat menciptakan suasana sejuk di lokasi tersebut.

  1. MUSEUM KAWASAN KARST

Lokasi: Mudal, Desa Gebangharjo, Kec. Pracimantoro
Waktu Tempuh: kurang lebih  1 jam dari pusat kota Wonogiri.

– Gedung Penelitian Karst
– Tempat miniatur Goa-goa Kawasan Karst
– Pemutaran film Dokumenter Karst

PELUANG INVESTASI

Berdasarkan hasil kajian Kantor Penanaman Modal Kabupaten Wonogiri ada beberapa peluang investasi untuk ditawarkan kepada calon investor diantaranya:

  1. Pembangunan Pabrik Semen
  2. Pembangunan Pabrik Tepung Mocaf
  3. Pembangunan Pabrik Minyak Atsiri
  4. Indutri Pestisida Berbahan Ekstrak Kulit Biji Jambu Mete
  5. Pendirian Kampung Wisata Batik Wonogiren
  6. Wisata Alam dan Budaya (Umbul Naga, Tatah Sungging dan Kerajinan Anyaman Bambu
  7. Budidaya ikan Karamba Jaring Apung di Perairan Waduk Serba Guna Gajah Mungkur
  8. Budidaya Kambing Etawa
  9. Agrobisnis Budidaya Kakao

 

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *