Profil Daerah

  • Sejarah Wonogiri

    Sejarah terbentuknya Kabupaten Wonogiri tidak bisa terlepas dari perjalanan hidup dan perjuangan Raden Mas Said atau dikenal dengan julukan Pangeran Sambernyawa. Asal kata Wonogiri sendiri berasal dari bahasa Jawa wana (alas/hutan/sawah) dan giri (gunung/ pegunungan). Nama ini sangat tepat menggambarkan kondisi wilayah Kabupaten Wonogiri yang memang sebagian besar berupa sawah, hutan dan gunung.

  • Lambang Daerah

    Berbentuk perisai berwarna kuning emas bertepi hitam, sebagai penonjolan sifat pengayoman dan kebesaran daerah. Lambang Daerah berisi lukisan segilima sama sisi berwarna merah di sebelah kanan dan putih disebelah kiri dengan tepi hitam, sebagai manifestasi daripada Pancasila, Sang Saka, kesetiaan terhadap UUD 1945 dan falsafat hidup bangsa Indonesia yang abadi.

  • Semboyan Wonogiri

    Semboyan/ motto kerja Kabupaten Wonogiri adalah “Wonogiri Sukses”. Semboyan ini mulai digunakan sejak tahun 1986 pada masa kepemimpinan Drs. Oemarsono sebagai Bupati Wonogiri. Dasar hukum semboyan kerja Wonogiri Sukses adalah Keputusan Bupati Wonogiri Nomor : 42 (a) tanggal 1 Maret 1986 tentang Semboyan Kerja Kabupaten Daerah Tingkat II Wonogiri.

  • Visi Misi

    Dalam rangka membangun dan mengelola pemerintahan di kabupaten Wonogiri di perlukan konsep pengelolaan dan manejemen pemerintahan yang baik, “SUKSES” dalam hal ini adalah sebuah motto Kerja Kabupaten Wonogiri yang telah ada sejak tahun 1986. Sukses bukan sekedar simbol atau Jargon Wonogiri tetapi lebih pada konsep manajemen pengelolaaan dan membangun Wonogiri dengan pengertian sebagai berikut

  • Susunan OPD Kabupaten Wonogiri

    Dalam Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor : 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Wonogiri mengatur dan menetapkan banyak dan jenis tipelogi perangkat daerah yang telah disesuaikan dengan karakter, kebutuhan, dan prioritas wilayah masing-masing.

  • Potensi Wisata

    Event pariwisata Gelar wisata budaya juga dilaksanakan di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, pada bulan Sura setiap tahun, menampilkan atraksi budaya adat Kabupaten Wonogiri antara lain : Kegiatan ruwatan masal, setiap tahun diminati oleh kurang lebih 200 orang baik oleh masyarakat maupun di luar Wonogiri.

Profil Kecamatan Di Kabupaten Wonogiri

  • Kecamatan Manyaran

    Luas Wilayah 8.164,4365 Ha. Wilayah administrasi terdiri dari 2 Kelurahan, 5 Desa, 87 RW dan 283 RT. Jarak 31 km sebelah barat Kota Wonogiri. Ketinggian 238 m dari permukaan air laut. Batas wilayah di Sebelah utara adalah Kabupaten Sukoharjo, Sebelah timur adalah Kec. Selogiri, Wonogiri dan Wuryantoro, Sebelah selatan adalah Kecamatan Wuryantoro dan Eromoko, Sebelah barat adalah Daerah Istimewa Yogyakarta.

  • Kecamatan Paranggupito

    Obyek wisata : Pantai Nglonjok, Pantai Nampu, Pantai Sembukan, Pantai Banyutowo, Pantai Kalimirah, dan Pantai Pringjono. wisata alam goa antara lain Goa Kendangan dan Goa Suling yang berada di Desa Gudangharjo dan Gunturharjo.

  • Kecamatan Karangtengah

    Luas Wilayah 8.596.000,00 Ha, Wilayah administrasi terdiri dari 5 Desa, 70 RW dan 166 RT. Jarak 65 km sebelah tenggara Kota Wonogiri. Ketinggian 600 m diatas permukaan air laut. Batas wilayah di Sebelah utara adalah Kecamatan Tirtomoyo. Sebelah timur adalah Kabupaten Pacitan Propinsi Jawa Timur. Sebelah selatan adalah Kabupaten Pacitan Propinsi Jawa Timur. Sebelah barat adalah Kecamatan Batuwarno dan Giriwoyo. Hasil pertanian antara lain tanaman perkebunan yaitu cengkeh, durian, janggelan dan aneka tanaman perkebunan lainnya.

  • Kecamatan Baturetno

    Luas Wilayah 8.910,39 ha. Wilayah administrasi terdiri dari 13 Desa, 122 Dusun, 134RW, 334 RT. Jarak 42 Km di sebelah selatan Kota Wonogiri. Ketinggian 154 m diatas permukaan laut (dpl). Batas wilayah di Sebelah utara adalah Kecamatan Nguntoronadi. Sebelah timur adalah Kecamatan Batuwarno. Sebelah selatan adalah Kecamatan Giriwoyo. Sebelah barat adalah Genangan Waduk Serbaguna Wonogiri.

  • Kecamatan Nguntoronadi

    Luas Wilayah 8.040,5175 ha Wonogiri. Wilayah administrasi terdiri dari 2 Kelurahan, 9 Desa, 72 RW dan 188 RT. Jarak 28 Km sebelah selatan Kota Wonogiri. Ketinggian 150 m dari permukaan air laut. Batas wilayah di Sebelah utara adalah Kecamatan Ngadirojo. Sebelah timur adalah Kecamatan Tirtomoyo. Sebelah selatan adalah Kecamatan Baturetno. Sebelah barat adalah Genangan Waduk Gajah Mungkur. Hasil pertanian antara lain padi, padi gogo, jagung, ubi kayu, kacang tanah, dan kedelai.

  • Kecamatan Tirtomoyo

    Luas Wilayah 9.301,0885 ha.Wilayah administrasi terdiri dari 2 Kel, 12 Desa, 135 Dusun/ Lingkungan, 140 RW dan 389 RT. Jarak 36 km di sebelah tenggara Kota Wonogiri. Ketinggian 171 m dari permukaan air laut. Batas wilayah di Sebelah utara adalah Kecamatan Sidoharjo dan Jatiroto. Sebelah timur adalah Kabupaten Pacitan. Sebelah selatan adalah Kecamatan Karangtengah. Sebelah barat adalah Kecamatan Nguntoronadi dan Batuwarno

  • Kecamatan Kismantoro

    Luas Wilayah 6.986,1125 ha, Wilayah administrasi terdiri dari 2 Kel, 8 Desa, 41 Dusun/Lingkungan. Jarak 52 km sebelah timur Kota Wonogiri. Ketinggian 348 m diatas permukaan air laut. Batas wilayah di Sebelah utara yaitu Kecamatan Purwantoro. Sebelah timur adalah Kabupaten Ponorogo. Sebelah selatan adalah Kabupaten Pacitan. Sebelah barat adalah Kecamatan Slogohimo dan Jatiroto.

  • Kecamatan Puhpelem

    Luas Wilayah 3.161,54 ha.Wilayah administrasi : 1 Kel., 5 Desa, 38 RW dan 137 RT. Jarak 53 km timur Kota Wonogiri. Ketinggian 500 dari Permukaan Air laut Batas Wilayah di Sebelah utara adalah Kabupaten Magetan Prov. Jawa Timur, Sebelah Selatan adalah Kecamatan Purwantoro, Sebelah Barat adalah Kecamatan Bulukerto, Sebelah Timur adalah Kabupaten Ponorogo Prov. Jawa Timur.

  • Kecamatan Purwantoro

    Luas Wilayah 5.952,7837 Ha. Wilayah administrasi 2 Kelurahan dan 13 Desa. Jarak 46 Km timur Kota Wonogiri. Ketinggian 296 m dari permukaan air laut. Batas wilayah Sebelah utara adalah Kecamatan Bulukerto dan Puhpelem. Sebelah timur adalah Kabupaten Ponorogo Prov Jawa Timur. Sebelah selatan adalah Kecamatan Kismantoro.. Sebelah barat adalah Kecamatan Slogohimo.

  • Kecamatan Slogohimo

    Luas Wilayah 6.414,7955 ha, Wilayah administrasi : 2 Kel/ 15 Desa, 71 Dusun/Lingkungan, 132 RW dan 330 RT. Jarak 36 km.disebelah timur Kota Wonogiri. Ketinggian 470 m dari permukaan air laut. Batas wilayah Sebelah utara adalah Kabupaten Magetan & Karanganyar. Sebelah timur adalah Kecamatan Bulukerto dan Purwantoro. Sebelah selatan adalah Kecamatan Jatiroto dan Kismantoro. Sebelah barat adalah Kecamatan Jatipurno dan Jatisrono.

  • Kecamatan Jatipurno

    Luas Wilayah 5.546,4090 ha, Wilayah administrasi 2 Kelurahan, 9 Desa, 9 Lingkungan, 57 Dusun, 77 RW dan 223 RT. Jarak 36 Km di sebelah timur Kota Wonogiri. Ketinggian 485 m dari permukaan air laut. Batas wilayah di sebelah utara Kabupaten Karanganyar, Sebelah timur Kecamatan Slogohimo, Sebelah selatan, Kecamatan Jatisrono. Sebelah barat Kecamatan Girimarto.

  • Kecamatan Jatiroto

    Luas Wilayah 6.277,3620 ha. Wilayah administrasi 2 Kelurahan dan 13 Desa. Jarak 37 km di sebelah timur Kota Wonogiri. Ketinggian 535 meter dari permukaan air laut. Batas wilayah Sebelah utara Kecamatan JatisronoSebelah timur Kecamatan Slogohimo & Kismantoro Sebelah selatan Kec Tirtomoyo dan Kabupaten Pacitan. Sebelah barat Kecamatan Sidoharjo

  • Kecamatan Jatisrono

    Luas Wilayah 5.002,74 ha. Wilayah administrasi 2 Kel, 15 Desa , 87 RW dan 352 RT. Jarak 29 Km di sebelah timur Kota Wonogiri. Ketinggian 411 meter dari permukaan air laut. Batas wilayah Sebelah utara Kecamatan Jatipurno Sebelah timur Kecamatan Slogohimo Sebelah selatan Kecamatan Jatiroto Sebelah barat Kecamatan Sidoharjo.

  • Kecamatan Sidoharjo

    Luas Wilayah 5.719,7045 ha, Wilayah administrasi 2 Kel, 10 Desa dan 101 RW, 349 RT. Jarak 20 km di sebelah timur Kota Wonogiri , Ketinggian 348 m dari permukaan air laut. Batas wilayah di sebelah utara adalah Kecamatan Girimarto, di sebelah timur adalah Kecamatan Jatisrono dan Jatiroto, di sebelah selatan adalah Kecamatan Tirtomoyo, di Sebelah barat adalah Kecamatan Ngadirojo.

  • Kecamatan Ngadirojo

    Adapun luas wilayah 9.325,556 Ha, sedangkan wilayah administrasi mempunyai 2 Kelurahan , 9 Desa, 137 RW dan 352 RT, Jarak kecamatan adalah sejauh 8 Km sebelah timur Kota Wonogiri. Ketinggian 243 meter dari permukaan air laut. Batas wilayah yaitu di sebelah utara Kabupaten Karanganyar. Sebelah timur adalah Kecamatan Girimarto dan Sidoharjo. Sebelah selatan adalah Kecamatan Nguntoronadi. Sebelah barat yaitu Kecamatan Wonogiri.

  • Kecamatan Selogiri

    Luas wilayah kecamatan Selogiri adalah 9.325,96 Ha. Mempunyai wilayah administrasi 11 Desa/Kelurahan, 95 RW, dan 294 RT. Jarak kecamatan ini adalah 6 Km sebelah utara Kota Wonogiri. Mempunyai ketinggian 106 m diatas permukaan air laut ( dpl ) Batas wilayah kecamatan ini adalah di sebelah utara dengan Kabupaten Sukoharjo, Sebelah timur dengan Kecamatan Wonogiri, sebelah selatan dengan Kecamatan Wonogiri, Sebelah barat adalah Kecamatan Manyaran.

  • Kecamatan Wonogiri

    Kecamatan Wonogiri mempunyai luas wilayah 8.292,36 ha, Wilayah administrasi 6 Kel, 9 Desa, 165 RW serta 477 RT, Ketinggian 141 m dari permukaan air laut. Adapun batas wilayah kecamatan Wonogiri yaitu di Sebelah utara adalah Kec. Selogiri dan Kab. Karanganyar, Sebelah timur adalah Kecamatan Ngadirojo, Sebelah selatan adalah Kec. Wuryantoro dan Bendungan Serbaguna Wonogiri, Sebelah barat adalah Kecamatan Selogiri.

  • Kecamatan Giriwoyo

    Hasil pertanian : Padi, padi gogo, jagung, ubi kayu, kacang tanah, kedelai dan aneka tanaman lainnya. Kondisi areal pertanian di Kecamatan Giriwoyo sebagian besar berupa sawah tadah hujan dan ada sebagian yang sudah memiliki irigasi baik irigasi teknis, setengah teknis, dan non PU.

  • Kecamatan Giritontro

    Luas Wilayah 6.163,2230 ha. Wilayah administrasi : 2 Kelurahan, 5 Desa, 22 Lingkungan, 67 Dusun, 58 RW, 166 RT. Jarak 55 km di sebelah selatan Kota Wonogiri. Ketinggian 195 m dari permukaan air laut. Batas wilayah, Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Giriwoyo. Sebelah timur dengan Kec. Donorojo Kabupaten Pacitan. Sebelah selatan, Kecamatan Paranggupito. Sebelah barat dengan Kabupaten Pracimantoro

  • Kecamatan Girimarto

    Luas Wilayah 6.236,6815 ha, Wilayah administrasi terdiri dari 2 Kelurahan, 12 Desa, 114 RW, 296 RT. Jarak 24 km di sebelah timur Kota Wonogiri. Ketinggian 487 m dari permukaan air laut. Batas wilayah, Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar, Sebelah timur dengan Kecamatan Jatipurno, Sebelah selatan dengan Kecamatan Sidoharjo, Sebelah barat dengan Kecamatan Ngadirojo.

  • Kecamatan Eromoko

    Luas Wilayah 12.035,8598 ha, Wilayah administrasi : 2 Kel, 13 Desa, 23 Lingk, 130 Dusun, 140 RW dan 335 RT. Jarak 26 Km. di sebelah barat daya Kota Wonogiri Ketinggian 166 m dari permukaan air laut. Batas wilayahnya sebagai berikut : sebelah utara adalah Kecamatan Wuryantoro, sebelah timur Kecamatan Giriwoyo, sebelah selatan Kecamatan Pracimantoro, sebelah barat adalah Provinsi DI Yogyakarta

  • Kecamatan Bulukerto

    Luas Wilayah 4.674,87 Ha, Wilayah administrasi terdiri dari 1 Kel, 9 Desa, 72 RW, 242 RT, Jarak 53 Km di sebelah timur Kota Wonogiri, Ketinggian 235 m dari permukaan air laut. Batas wilayah di sebelah utara adalah Kabupaten Magetan, di sebelah timur adalah Kecamatan Puhpelem, sebelah selatan adalah Kecamatan Purwantoro, Sebelah barat adalah Kecamatan Slogohimo.

  • Kecamatan Batuwarno

    Luas Wilayah 5.164,00 Ha, Wilayah administrasi terdiri dari 8 Desa, 77 RW dan 172 RT, Jarak 54 Km. di sebelah selatan Kota Wonogiri, Ketinggian 291 m dari permukaan air laut. Batas wilayah dari Kecamatan Batuwarno yaitu di sebelah utara adalah Kecamatan Tirtomoyo dan Baturetno, sebelah barat adalah Kecamatan Baturetno dan Giriwono, di sebelah timur adalah Kecamatan Tirtomoyo dan Karangtengah, di sebelah selatan adalah Kecamatan Giriwoyo dan Karangtengah

  • Kecamatan Pracimantoro

    Mempunyai kawasan karst lebih dari 82, 09 km2, dan terluas di Kabupaten Wonogiri. Kawasan karst ini mempunyai ciri berupa gua-gua, lembah dan sungai bawah tanah, yang potensial menjadi tempat wisata alam dan penelitian. Ini dibuktikan dengan dibangunnya Museum Karst Dunia di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro.

  • Kecamatan Wuryantoro

    Kali Goa di Desa Pulutan Kulon yang konon merupakan peninggalan Prabu Hayam Wuruk, Padepokan Pak Bei Tani atau sekarang sudah difungsikan sebagai Museum Wayang Indonesia dan Padepokan Mbah Langgar di Desa Genukharjo yang merupakan petilasan Mangkunegara.