oleh

Bupati Wonogiri Fokus Percepat Vaksinasi di Tingkat Kecamatan

 WONOGIRI – Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai upaya agar vaksin dapat didistribusikan kepada masyarakat dengan segera. Hal ini dilakukan guna membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

Di Wonogiri, Jawa Tengah, upaya percepatan vaksinasi dilakukan dengan memfokuskan proses vaksinasi di tingkat kecamatan terlebih dahulu.

“Meski (vaksinasi) difokuskan di masing-masing kecamatan. Pelaksanaan vaksinasinya diselenggarkan berbabis desa atau kelurahan,” ungkap pria yang disapa Jekek tersebut dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Sebagai bentuk dukungan, saat ini Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Wonogiri pun telah mempersiapkan pemetaan daerah-daerah yang warganya merupakan prioritas penerima vaksin Covid-19.

Namun, Jekek menyampaikan, dalam pelaksanaan vaksinasi, Pemkab Wonogiri masih bergantung pada stok vaksin dari pemerintah pusat.

Artinya, vaksinasi baru bisa dilaksanakan ketika Pemkab Wonogiri mendapatkan pengiriman vaksin dari pemerintah pusat.

“Sebagai contoh, kemarin Pemkab Wonogiri mendapatkan pengiriman vaksin. Saat itu stok vaksin yang didapatkan langsung digunakan untuk menyelesaikan vaksinasi lansia di Kecamatan Wonogiri,” tutur Jekek

Untuk itu, Pemkab Wonogiri telah menyiapkan 399 vaksinator yang siap turun ke lapangan kapan saja apabila ada kiriman vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat.

Tak hanya itu, Jekek menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan fasilitas kesehatan di 34 titik di Kabupaten Wonogiri. Fasilitas kesehatan ini sekaligus menjadi sentra vaksinasi untuk warga.

“Insentif (untuk) vaksinator pun juga sudah kami siapkan. Untuk strategi vaksinator di tingkat desa, kami juga sudah berkoordinasi dengan kepala desa, para kader kesehatan, dan gerakan masyarakat (germas),” jelas Jekek.

Jekek pun memastikan bahwa kepala desa dan kader kesehatan sudah siap melakukan pendampingan demi menyukseskan jalannya vaksinasi Covid-19 di tingkat pedesaan.

Sejauh ini, Jekek mengaku proses vaksinasi yang berjalan di daerahnya belum pernah mengalami kendala di lapangan.

“Usai menyelesaikan vaksinasi di Kecamatan Wonogiri, vaksinasi Covid-19 akan difokuskan di Kecamatan Baturetno,” ujarnya.

Menurut Jekek, Kecamatan Baturetno dipilih menjadi wilayah yang difokuskan untuk vaksinasi karena termasuk kecamatan besar. Selain itu, kecamatan tersebut memiliki pasar besar sehingga mobilitas ekonominya tinggi.

“Baturetno juga berbatasan langsung dengan beberapa kabupaten,” imbuhnya.

Siapkan vaksinasi dosis ketiga

Selain memfokuskan vaksinasi di tingkat kecamatan, Pemkab Wonogiri juga tengah mempersiapkan proses vaksinasi dosis ketiga yang ditujukan bagi para tenaga kesehatan (nakes).

Sebagai informasi, jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi dosis ketiga adalah Moderna.

Untuk itu, Pemkab Wonogiri telah menyiapkan data beserta jumlah nakes yang akan divaksin. Begitu pula dengan vaksinator dan fasilitas penunjang untuk penyelenggaraan vaksinasi telah disiapkan.

Namun, Jekek mengatakan, terkait vaksin dosis ketiga, Pemkab Wonogiri masih menunggu kiriman vaksin Moderna dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng).

“Untuk vaksin Moderna sampai saat ini belum ada pengiriman vaksin dari Pemprov Jateng. Kami masih menunggu kepastian. Namun kami sudah siap melaksanakannya bila vaksin sudah tiba,” tutur Jekek.(Admin/Sumber : Kompas.Com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama