oleh

Tingkat Kematian dan Bor Rendah, Wonogiri Turun ke PPKM Level 2

Wonogiri-Pemerintah pusat menetapkan level PPKM Kabupaten Wonogiri turun dari level 3 ke 2.

Angka kematian dan bed occupancy rate (BOR) yang turun drastis menjadikan bumi gaplek berada pada PPKM level 2.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo menuturkan bor di rumah sakit rujukan covid-19 di bumi gaplek sebesar 3,3 persen. Tak hanya itu, angka positivity rate Covid-19 juga turun drastis.

“Sebagai contoh kemarin tidak ada penambahan pasien positif dan kasus kematian akibat Covid-19,” ujar Jekek sapaan akrab Joko Sutopo .

Selain itu, kata Jekek, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit kini menyisakan 15 orang saja.

Padahal jumlah ketersediaan tempat perawatan pasien Covid 362 orang untuk isolasi, dan 46 untuk ICU.

Sementara jumlah tingkat kesembuhan dari Covid-19 semakin meningkat.

Ia mengatakan, capaian vaksinasi yang mendekati angka 70 persen menjadi pertimbangan Kabupaten Wonogiri masuk level dua.

Hingga Senin (4/10/2021), capaian vaksinasi di Kabupaten Wonogiri sebanyak 590.547 orang dengan prosentase 69.02 persen.

Total jumlah warga Kabupaten Wonogiri yang menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 855.663 orang.

Menurut Jekek, turunnya angka pasien positif, angka kematian, dan tingginya angka kesembuhan lantaran sinergisitas dan kekompakan seluruh elemen di Kabupaten Wonogiri.

“Kami sampaikan terima kasih atas kerjasama dan sinergisitas dengan terbangunya kekompakan pada seluruh elemen hingga pada akhirnya Kabupaten Wonogiri ditetapkan masuk pada PPKM level dua,” ujar Jekek.

Jekek mengatakan, masifnya Pemkab Wonogiri dibantu TNI, Polri dan seluruh tokoh masyarakat dan agama saling mengingatkan untuk disiplin menerapkan prokes menjadi salah satu kunci level PPKM bumi gaplek turun dari level 3 ke 2.

“Ada yang kendor (prokes) diingatkan untuk memperkuat kedisiplinan. Untuk itu pola-pola berbasis kultur ternyata sangat efektif untuk menurunkan angka kematian dan positif rate,” kata Jekek.

Selain itu, gerakan vaksinasi serentak di seluruh 25 kecamatan di Kabupaten Wonogiri juga berdampak banyaknya warga yang sudah divaksin setiap harinya.

Dalam sehari, 399 vaksinator yang tersebar di 25 kecamatan mampu memvaksin 15.000 hingga 19.000 orang. “Kemarin dalam sehari jumlah warga yang divaksin bisa mencapai 19.000 orang,” jelas Jekek. (admin/sumber: Kompas.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama