oleh

VISI DAN MISI BUPATI WONOGIRI DAN WAKIL BUPATI WONOGIRI MASA BAKTI 2021-2026

Wonogiri-Pembangunan daerah Kabupaten Wonogiri tahun 2021 – 2026 merupakan gambaran penjabaran visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri lima tahun kedepan. Visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri tahun 2021 – 2026 kemudian dijabarkan dalam tujuan dan sasaran pembangunan daerah untuk dapat diimplementasikan dalam program, kegiatan dan sub kegiatan prioritas pembangunan daerah, dengan tetap memperhatikan permasalahan dan isu strategis, lingkungan “strategis global, nasional dan regional, serta pencapaian tujuan pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Wonogiri (RPJPD) tahap keempat tahun 2020 – 2025.

Tahap keempat pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Wonogiri ini merupakan tahap akhir pada periode penguatan dan pemantapan. Pada tahap ini pertumbuhan ekonomi semakin meningkat dan berkualitas serta struktur perekonomian telah kuat dan mantap yang ditandai dengan daya saing perekonomian yang kompetitif dan semakin mantapnya potensi unggulan daerah sebagai tumpuan sistem ekonomi kerakyatan yang didukung oleh pengelolaan pemanfaatan sumberdaya alam yang berwawasan lingkungan den berkelanjutan.

Upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Wonogiri ditandai dengan semakin meningkatnya capaian kondisi sosial ekonomi makro mulai tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Hal ini ditunjukkan dengan semakin tinggi dan merata tingkat pendapatan masyarakat, serta semakin mantapnya sumberdaya manusia yang cerdas, berkualitas dan berdaya saing internasional.

I. V I S I KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2021 – 2026.

Visi pembangunan Kabupaten Wonogiri tahun 2021 – 2026 merupakan keberlanjutan dari implementasi visi Bupati dan Wakil Bupati Wonogiri periode tahun 2016 — 2021. Capaian selama 5 (lima) tahun berdasarkan urusan pemerintahan konkuren, unsur pendukung urusan pemerintahan, unsur penunjang urusan pemerintahan, unsur pengawasan urusan pemerintahan, unsur kewilayahan dan urusan pemerintahan umum serta disinkronisasikan dengan capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), kami menyusun Visi Kabupaten Wonogiri Tahun 2021 – 2026 adalah “Mewujudkan Wonogiri Yang Maju, Mandiri dan Sejahtera” dengan semangat Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri.

WONOGIRI YANG MAJU.
Membangun Masyarakat Wongiri yang Maju adalah mewujudkan masyarakat yang mempunyai kualitas hidup yang tinggi meliputi bidang ”kesehatan, bidang pendidikan dan sarana prasarana pemerintahan sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat. Membangun Masyarakat yang maju diimplementasikan melalui:

  1. Menurunkan angka pengangguran.
  2. Meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.
  3. Mengendalikan pertumbuhan penduduk.
  4. Memajukan ilmu pengetahunan dan teknologi dengan menciptakan inovasi daerah dengan cepat dan pesat.
  5. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan
  6. Membangun sistem pendidikan yang berkualitas.

WONOGIRI YANG MANDIRI.

Masyarakat Wonogiri yang Mandiri merupakan sebuah tujuan agar masyarakat mampu memenuhi segala kebutuhan dasarnya secara mandiri dan cukup. Dengan begitu, mandiri menjadi sebuah metode untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan hidupnya berbasis modal pokok milik sendiri, baik sumberdaya alam, sumber daya manusia, sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Sedangkan sumberdaya yang berasal dari luar merupakan tambahan atau pendukung apabila diperlukan.

WONOGIRI YANG SEJAHTERA.

Masyarakat Wonogiri yang Sejahtera adalah masyarakat yang tercukupi segala kebutuhan dasarnya (basic need) secara adil dan merata berprinsip pada peri kemanusiaan dan peri keadilan. Masyarakat sejahtera juga terbebas dari ketidakmerdekaan, kebodohan, kesakitan, kelaparan, serta ancaman dari perlakuan atau tindak kekerasan fisik maupun non fisik. Dalam lingkungan masyarakat yang sejahtera akan tercipta hubungan sosial yang dan aman, tanpa adanya diskriminasi SARA, serta tercipta relasi yang dinamis, saling menghargai, saling pengertian, dan toleransi yang tinggi.

Ketercukupan kebutuhan masyarakat juga didukung dengan pemenuhan prasarana dan sarana dasar meliputi sandang, pangan dan papan, pelayanan publik, ruang publik, transportasi, serta teknologi yang harus disediakan secara cukup dan menerus, untuk mencapai kemajuan dan perkembangan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera.

GO NYAWIJI SESARENGAN MBANGUN WONOGIRI.

Go Nyawiji Sesarengan mBang un Wonogiri adalah ajakan kebersamaan yang dilandasi semangat gotong royong untuk mewujudkan WONOGIRI SUKSES.

II. MISI KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2021 – 2026.

1. Menjadikan rakyat Wonogiri yang lebih pintar, lebih sehat dan lebih berbudaya.

Misi pertama menjadikan rakyat Wonogiri yang pintar ini bertujuan mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas melalui penguatan dan pemantapan kualitas pendidikan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sumber daya yang pintar adalah sumber daya yang mampu bersaing dalam era globalisasi yang semakin terbuka, sehingga dituntut kualitas sumberdaya manusia yang mampu bersaing secara kompetitif dalam kompetensi dan kualifikasi.

Menjadikan rakyat Wonogiri yang lebih sehat bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui penguatan dan pemantapan kualitas hidup dengan peningkatan sarana prasarana kesehatan dan kualitas pelayanan kesehatan berbasis ilmu pengetahuan teknologi dan inovasi.

Sumber daya manusia yang sehat adalah sumber daya yang mampu bersaing untuk meningkatkan indek pembangunan manusia.

Menjadikan rakyat Wonogiri yang berbudaya adalah upaya bagaimana membentuk karakter masyarakat Wonogiri yang semakin berbudaya. Di tengah arus keterbukaan informasi dunia yang nyata, kemudian bagaimana masyarakat Wonogiri tetap kuat menjaga etika dan norma serta nilai budaya asli Wonogiri serta menjaga kearifan lokal sejak dini.

2. Mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Misi kedua ini bertujuan untuk semakin mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi secara optimal di jajaran Pemerintah Kabupaten Wonogiri, yang pada periode sebelumnya telah terbangun ditandai dengan membaiknya tata kelola pemerintahan sesarengan mbangun Wonogiri.

Dalam lima tahun kedepan, reformasi birokrasi diharapkan dapat diimplementasikan pada tiga dimensi utama yaitu:

  1. pelayanan publik yang semakin baik,
  2. efektivitas program/kegiatan dan
  3. efisiensi anggaran.

Reformasi birokrasi terhadap manajemen pemerintahan, kapasitas kelembagaan dan manajemen sumber daya manusia aparatur diharapkan juga semakin baik yang didukung dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan teknolagi dan mendorong pengembangan inovasi dalam rangka membangun Wonogiri sebagai Kabupaten Digital.

Pelaksanaan Pelayanan publik yang baik dapat diwujudkan dengan:

  1. membangun pusat pelayanan secara terpadu satu atap/kantor pemerintahan terpadu yang terintegrasi dengan aktifitas publik
  2. dan pemerintahan yang cepat tanggap serta cepat hadir dalam masyarakat.

Keterbukaan di bidang pemerintahan dapat dilakukan dengan:

  1. memperkuat keterbukaan informasi publik, transparansi dan partisipasi publik dalam penyelenggaraan pemerintahan.
  2. meningkatkan komunikasi dan serapan aspirasi publik.

Efektivitas dan efisiensi manajemen pemerintahan tergambarkan dalam proses perencanaan, penganggaran, serta evaluasi pembangunan yang akuntabel yang fokus pada kinerja dan berorientasi pada hasil (outcome).

Agar dapat melaksanakan manajemen pemerint ahan yang baik, bersih dan melayani maka dibutuh kan kelembagaan/organisasi yang tepat dan didukung dengan penataan sistem manaJemen sumberdaya manusia aparatur yang baik.

Manajemen sumber daya manusia aparatur yang baik terimplementasikan dalam bentuk integritas aparatur yang dibangun melalui kompetensi dan etika menuju integritas

pribadi dan institusi serta mendorong birokrasi yang inovatif.

3. Memperkuat kapasitas ekonomi rakyat dan membuka lapangan kerja baru untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

Misi ketiga ini adalah untuk mengarahkan kebijakan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam rangka menurunkan jumlah penduduk miskin, yang didukung oleh perekonomian daerah yang stabil, berkualitas, inklusif, dan menyebar sampai ke desa.

Program pengentasan kemiskinan difokuskan kepada kelompok sasaran utama, seperti petani, pelaku Usaha Kecil Mikro serta pekerja dan kelompok rentan lainnya.

Program pengentasan kemiskinan tersebut perlu didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang tersebar sampai di seluruh wilayah desa, memperhitungkan kelestarian lingkungan dan

Keberlangsungan ketersediaan sumber daya, melibatkan seluruh kelompok masyarakat dengan mengutamakan peran dan kontribusi kelompok masyarakat yang kurang beruntung, dan menghapus praktek ekonomi biaya tinggi.

Program pengentasan kemiskinan ke depan juga diarahkan untuk fokus pada pendidikan dan kesehatan terutama bagi rumah tangga miskin, serta masyarakat terlantar melalui penyediaan data BDT yang telah terverifikasi dan tervalidasi dengan sebaran pada desa/kelurahan miskin di kabupaten Wonogiri.

Perluasan lapangan pekerjaan juga menjadi penting bukan hanya untuk mengatasi pengangguran, namun juga bagaimana meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan menciptakan pengusaha-pengusaha baru (star up) di Kabupaten Wonogiri.

4. Membangun pemenuhan sarana dan prasarana dasar di Wonogiri yang berkualitas dan berwawasan lingkungan guna menunjang pengembangan wilayah.

Misi keempat ini bertujuan melanjutkan pembangunan sarana prasarana infrastruktur jalan dan jembatan yang menyambungkan wilayah terluar Wonogiri semakin mantap dengan tetap menjaga alus dalane.

Pembangunan infrastruktur ini menjadi semakin penting untuk menyambungkan antar kecamatan, antar desa/kelurahan dalam rangka mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi.

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan perlu didukung dengan sarana keselamatan jalan yang memadai agar tercipta rasa aman, tenang dan selamat.

Dalam lima tahun ke depan sarana prasarana dasar yang masih perlu ditingkatkan adalah penyediaan air baku dan air bersih untuk solusi penanganan kekeringan yang semakin permanen. (admin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama