oleh

Kematian Covid-19 Didominasi Lansia, Pemkab Wonogiri Targetkan Tuntaskan Vaksinasi Lansia

Wonogiri – Bupati Wonogiri Joko Sutopo memaparkan, usia lanjut usia (lansia) mendominasi data warga meninggal akibat virus Covid-19 di Wonogiri sepanjang pandemi.

Untuk itu, kata dia, target utama penuntasan vaksinasi  Covid-19 di Kabupaten Wonogiri adalah warga lansia.

“Kenapa lansia karena angka penularan mayoritas di masyarakat kami di atas usia 50 tahun ke atas,” tutur Bupati Wonogiri dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Rabu (11/8/2021).

Bupati yang akrab disapa Jekek itu juga mengatakan, prioritas penuntasan vaksinasi lansia di Wonogiri dilakukan demi mempercepat terbentuknya kekebalan komunitas atau herd immunity.

Pasalnya, lanjut Jekek, jumlah lansia di Wonogiri yang belum divaksin masih lebih dari 50 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau nanti vaksinasi sudah di atas 70 persen, maka kami berharap herd immunity terbentuk dan risiko rentan akan terkurangi. Selain itu, aktivitas ekonomi bisa menggeliat kembali di Wonogiri,” ucap Jekek.

Sebagai informasi, total jumlah lansia yang harus mendapatkan vaksin Covid-19 adalah 167.254 orang. Sampai saat ini, jumlah lansia yang sudah divaksin baru mencapai 52.309 orang atau sekitar 31,28 persen.

Jekek mengaku khawatir, apabila lansia tidak dijadikan prioritas vaksin, maka di wilayah Wonogiri akan semakin banyak lansia yang meninggal akibat terpapar virus Covid-19.

Ia mengatakan, salah satu faktor yang menghambat program vaksinasi lansia adalah kondisi geografis Wonogiri yang bergunung-gunung sehingga perlu penanganan khusus untuk menjalankan program vaksinasi lansia.

Sebab itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri langsung mendistribusikan stok vaksin dari pemerintah pusat ke kecamatan -kecamatan dengan sasaran target para lansia.

“Hari ini kami mendapatkan 7.520 vial vaksin dari pemerintah pusat. Seluruh vaksin yang kami dapatkan itu kami kirim langsung ke kecamatan -kecamatan untuk memvaksin warga lansia,” paparnya.

Pemkab Wonogiri mendahulukan kecamatan besar seperti Kecamatan  Wonogiri, Baturetno, dan Pracimantoro untuk mendapatkan vaksin lantaran memiliki mobilitas ekonomi yang tinggi.

Adapun untuk kecamatan lainnya, Jekek memberikan prioritas bagi kecamatan yang sudah menyerahkan data lengkap para warga lansia yang siap divaksin.

“Untuk Kecamatan Girimarto, kami berikan vaksinasi awal sebagai bentuk reward karena memasukkan data paling awal dan lengkap,” tuturnya.

Dari 25 kecamatan di Wonogiri, sembilan di antaranya telah memasukkan data warga lansia yang siap divaksin dan dua kecamatan di antaranya sudah menyerahkan data lengkap.(Admin/Sumber : Kompas.Com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama