oleh

SAMBUT RAMADHAN 1442H PEMKAB WONOGIRI LAKUKAN “GERAKAN SENIN BERSIH”

WONOGIRI_Awal Ramadhan 1442 H yang jatuh pada hari Selasa 13 April 2021, disambut secara khusus oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri. Bupati Wonogiri  Joko Sutopo menginstruksikan  seluruh ASN di setiap OPD baik di tingkat Kecamatan maupun Kantor Dinas atau Badan di  lingkungan Pemkab Wonogiri  secara serentak melakukan Gerakan Senin Bersih, tepat satu hari sebelum  puasa Ramadhan, Senin (12/4).

Kegiatan yang juga dikoordinatori oleh Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonogiri ini, secara keseluruhan menyasar kebersihan sampah, spanduk dan baliho, tenda-tenda yang tidak pada tempatnya, terutama pada tempat-tempat strategis, tugu-tugu perbatasan, taman-taman kota serta tempat lainnya yang sudah ditentukan.

Bupati Joko Sutopo juga terlibat secara langsung memimpin pelaksanaan kegiatan tersebut, yang sebelumnya diawali dengan Apel bersama di Halaman Kantor Dinas Bupati.  Pada kesempatan apel, Joko Sutopo menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa, agar dalam pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini diberikan kelancaran, ketekunan dan keikhlasan.

Dalam kaitannya dengan Gerakan  Senin Bersih, Joko Sutopo mengungkapkan kegiatan ini  lebih bersifat edukatif bagi masyarakat.

“Subtansi agenda ini bagaimana kita hadir menyapa masyarakat, mengedukasi dengan melakukan resik-resik wilayah kita, melihat berapa ruang publik yang selama pandemi ini aspek perawatan dan pemeliharaan agak melemah, sehingga  nanti  bisa kita lihat ruang publik mana yang harus kita rawat bersama.”

Lebih lanjut ia juga menyoroti pembangunan khususnya pertokoan, yang terkesan melambat.  Terdapat kawasan pertokoan dengan bangunan-bangunan tua yang dilihat dari aspek interior dan eksterior sudah tidak layak, akibat pemilik abai untuk merawat. Dengan gerakan ini Bupati berharap dapat membangun kesadaran bahwa menata lingkungan dan ruang publik bukan hanya menjadi tangungjawab pemerintah tetapi juga tanggung jawab masyarakat. (monsa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Utama