Search for:
  • Home/
  • Analisis Berita/
  • ANALISIS ISU PUBLIK PADA MEDIA CETAK KABUPATEN WONOGIRI PERIODE NOVEMBER 2022

ANALISIS ISU PUBLIK PADA MEDIA CETAK KABUPATEN WONOGIRI PERIODE NOVEMBER 2022

 

  1. Analisis Isu Publik Media Cetak Pekan Pertama Bulan November 2022

 

 

Diagram 1

Pada tanggal 1-7 November 2022 pemberitaan isu publik yang diterbitkan media cetak mengenai Kabupaten Wonogiri adalah sebanyak 33 isu publik. Berdasarkan diagram 1 dapat disimpulkan bahwa mayoritas pemberitaan mengenai isu publik bersifat positif dengan jumlah 13 artikel berita atau 39% dari total keseluruhan pemberitaan, kemudian isu publik yang bersifat netral sejumlah 9 berita atau 27% dari total keseluruhan pemberitaan. Dalam analisis media cetak ditemukan juga isu publik yang bersifat negatif sejumlah 11 atau 33% dari total keseluruhan pemberitaan. Pemberitaan yang bersifat negatif dalam pekan pertama Bulan November 2022 di Kabupaten Wonogiri mengarah kepada antara lain kasus penemuan uang palsu, penipuan Bansos, kasus hutang PT WJL, penganiayaan, naiknya harga kedelai, kecelakaan, dan bencana alam di daerah.

 

  1. Analisis Isu Publik Media Cetak Pekan Kedua Bulan November 2022

 

Diagram 2

Pada tanggal 8-14 November 2022 pemberitaan isu publik yang diterbitkan media cetak mengenai Kabupaten Wonogiri adalah sebanyak 42 isu publik. Berdasarkan diagram 2 dapat disimpulkan bahwa mayoritas pemberitaan mengenai isu publik bersifat positif dengan jumlah 20 artikel berita atau 48% dari total keseluruhan pemberitaan, kemudian isu publik yang bersifat netral sejumlah 9 berita atau 21% dari total keseluruhan pemberitaan. Dalam analisis media cetak ditemukan juga isu publik yang bersifat negatif sejumlah 13 atau 31% dari total keseluruhan pemberitaan. Pemberitaan yang bersifat negatif dalam pekan kedua Bulan November 2022 di Kabupaten Wonogiri mengarah kepada kasus bencana alam banjir, tanah longsor dan puting beliung di beberapa daerah, pengguna minuman keras yang tewas, cuaca ekstrem, kebakaran kandang ayam, korupsi atas kasus prona, dan pencurian.

 

  1. Analisis Isu Publik Media Cetak Pekan Ketiga Bulan November 2022

Diagram 3 

Pada tanggal 15-21 November 2022 pemberitaan isu publik yang diterbitkan media cetak mengenai Kabupaten Wonogiri adalah sebanyak 37 isu publik. Berdasarkan diagram 3 dapat disimpulkan bahwa mayoritas pemberitaan mengenai isu publik bersifat netral dengan jumlah 18 artikel berita atau 49% dari total keseluruhan pemberitaan, kemudian isu publik yang bersifat positif sejumlah 5 berita atau 14% dari total keseluruhan pemberitaan. Dalam analisis media cetak ditemukan juga isu publik yang bersifat negatif sejumlah 14 atau 38% dari total keseluruhan pemberitaan. Pemberitaan yang bersifat negatif dalam pekan ketiga Bulan November 2022 di Kabupaten Wonogiri mengarah kepada kasus keracunan siswa SDN Balepanjang karena makanan cilor, tanggul sungai jebol karena luweng mampet, penganiayaan, bencana alam banjir dan tanah longsor, munculnya ganggang yang menghambat wisata telaga Rowo, jalan amblas dan kasus orang hilang di Hutan Seper.

 

  1. Analisis Isu Publik Media Cetak Pekan Keempat Bulan November 2022

Diagram 4 

Pada tanggal 22-31 November 2022 pemberitaan isu publik yang diterbitkan media cetak mengenai Kabupaten Wonogiri adalah sebanyak 53 isu publik. Berdasarkan diagram 4 dapat disimpulkan bahwa mayoritas pemberitaan mengenai isu publik bersifat positif dengan jumlah 24 berita atau 45% dari total keseluruhan pemberitaan. Sedangkan pemberitaan isu netral dengan jumlah 13 artikel berita atau 25% dari total keseluruhan pemberitaan. Dalam analisis media cetak ditemukan juga isu publik yang bersifat negatif sejumlah 16 atau 30% dari total keseluruhan pemberitaan. Pemberitaan yang bersifat negatif dalam pekan keempat Bulan November 2022 di Kabupaten Wonogiri mengarah kepada kasus kecelakaan minibus yang mengakibatkan korban tewas, stigma negatif kepada pedagang keliling atas kasus keracunan siswa SDN Balepanjang, bencana alam banjir tanah longsor dan putting beliung, atap bangunan SMP Muhammadiyah 7 Eromoko yang roboh, kebakaran kandang sapi, dan masalah penyaluran pupuk bersubsidi yang belum dapat teratasi. (admin/lola_magprok2022)

 

 

 

 

 

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required