Search for:

Rakor Pemerintahan Desa Upaya Sinergi Lintas SKPD

WONOGIRI  – Awal tahun 2017 menjadi momentum bagi Bapermades Kabupaten Wonogiri untuk melakukan koordinasi-koordinasi terkait tata kelola pemerintahan desa. Bertempat di ruang Girimanik Kompleks Sekretariat Derah Kabupaten Wonogiri, Camat, Kasi Tapem, pendamping desa, dan SKPD terkait mengikuti rakor pemerintah desa, Selasa (17/1). “Rapat ini merupakan langkah awal untuk mengkoordinasikan tata kelola pemrintah desa, agar ada sinergi lintas SKPD mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu juga untuk mewujudkan kesatuan langkah dan gerak kita bersama,” ungkap Kepala Bapermades Kabupaten Wonogiri, Semedi Budi Wibowo, SH.

Terkait pengelolaan keuangan desa, imbuhnya, desa diharapkan segera mengirim laporan keuangan dan SPJ tahun 2016 maksimal tanggal 23 Januari. Selain itu juga dihimbau agar segera mungkin mengirimkan rancangan RAPBDes Tahun 2017. “Karena mulai tahun 2017 ini kita akan terapkan aplikasi sistem keuangan desa (SIKUDES) bekerjasama dengan Inspektorat dan BPKP.”

Sementara Asisten Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Wonogiri,  Drs. Edi Sutopo, M.Si mengingatkan bahwa posisi desa sekarang ini menjadi sangat luar biasa seiring disahkannya Undang-undang Desa. Dukungan dana yang sangat besar, menuntut pemerintah desa yang terkait di dalamnya harus mempu mengelola dana sesuai aturan yang berlaku. Selain itu juga harus tertib administrasi penyelenggaraan Pemerintah Desa.

“Untuk itu, hal-hal yang perlu diperhatikan, yakni pertanggungjawaban anggaran belanja desa harus dilaporkan di bulan berikutnya. Untuk Camat, jangan lupa untuk mengecek anggaran APBDes. Juga harus segera mengusulkan LKPJ dan LPPD dalam 3 bulan ke depan,” tandas Edi.

Ditambahkan pula jika di tahun 2017 ini akan dibangun jejaring sistem informasi desa. Supaya informasi pembangunan desa dapat diakses secara luas dan terbuka oleh masyarakat. Sebaliknya, desa-desa pun dapat mengakses secara cepat informasi dan kebijakan Kecamatan, Kabupaten, dan lainnya. (HUMAS-est)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required