oleh

Wonogiri Juara Terbaik Ketiga PPD 2022, Bupati Jekek Beberkan Faktor yang Buat Wonogiri Juara

-Berita Utama-518 Dilihat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022 terbaik ketiga dalam kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat kabupaten se-Indonesia.

Pengumuman penghargaan itu disampaikan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2022 dari Istana Merdeka secara virtual, Kamis (28/4/2022).

Untuk diketahui, PPD 2022 diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyatakan, capaian juara terbaik ketiga di PPD 2022 tingkat nasional adalah menjadi suatu kehormatan bagi masyarakat Wonogiri.

Penghargaan itu, kata dia, diraih lantaran adanya kerja sama dan soliditas masyarakat Wonogiri.

“Penghargaan ini tentu suatu kehormatan bagi masyarakat Wonogiri. Pasalnya, pada forum PDD, pemerintah pusat mengapresiasi dengan peringkat ketiga nasional kategori perencanaan dan pencapaian tingkat kabupaten,” ujar pria yang akrab disapa Jekek itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (29/4/2022).

Tak lupa ia memberikan apresiasi terhadap kinerja para aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkab Wonogiri.

Jekek menilai para ASN telah bekerja keras dan ikhlas untuk memberikan yang terbaik dalam menyusun perencanaan pembangunan di Wonogiri.

 “Kami haturkan selamat dan ucapan terima kasih kepada para ASN yang telah penuh dengan dedikasi dan totalitas keikhlasan, memberikan yang terbaik dalam menyusun perencanaan pembangunan di Wonogiri,” ujarnya.

Tak hanya ASN, Jekek juga mengapresiasi seluruh jaringan dan elemen “Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri atau bersatu padu bersama-sama membangun Wonogiri”.

“Juga tidak kalah penting seluruh stakeholder dan elemen yang ada di Wonogiri. Dan tentunya capaian ini adalah capaian kolektif, di mana ada semangat dan perubahan di Wonogiri,” jelasnya.

Faktor utama Wonogiri raih penghargaan

Pada kesempatan itu, Jekek mengungkapkan beberapa faktor utama yang menjadikan Pemkab Wonogiri berhasil meraih penghargaan PPD 2022.

Salah satunya, kata dia, terkait tingkat pengangguran di Wonogiri masuk dalam kategori terendah se-Jawa Tengah (Jateng).

“Data dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng tingkat pengangguran terbuka kami terendah se-provinsi, yakni hanya 2,4 persen,” ucap Jekek.

Kondisi tersebut, imbuh dia, menunjukkan sosial kultur dan karakter masyarakat Wonogiri yang memiliki spirit kerja dan semangat kemandirian luar biasa.

Menurut Jekek, warga Wonogiri banyak berinisiasi mencari potensi yang ada saat di usia produktif. Dari inisiasi tersebut, lahirlah banyak warga dengan jiwa kewirausahaan yang luar biasa.

“Maka angka pengangguran kami cukup rendah. Karena sudah terdidik bahwa nilai-nilai kemandirian itu memang menjadi identitas tersendiri bagi Wonogiri,” ucap Jekek.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Wonogiri, Heru Utomo mengatakan bahwa untuk mencapai prestasi tingkat nasional harus melalui seleksi tiga tahap.

“Jadi seleksi dilakukan melalui tiga tahap, mulai dari klarifikasi, verifikasi dokumen perencanaan hingga wawancara dengan bupati Wonogiri dan para stakeholder,” katanya.

Tak hanya itu, lanjut dia, tim penilai dari pemerintah pusat juga melakukan kunjungan ke lapangan untuk memastikan adanya program unggulan daerah dan inovasi daerah.

(Admin/kompas.com)

 

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.