oleh

Bupati Wonogiri Joko Sutopo Kukuhkan Pengurus FKUB Wonogiri

Wonogiri – Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengajak pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Wonogiri membudayakan dialog dan bermusyawarah. Dengan seringnya ada pertemuan antartokoh pemuka agama maka aspirasi masyarakat terkait kerukunan umat bisa tersalurkan dengan baik. Munculnya gesekan antarumat beragama karena tidak pernah ada dialog hingga terjadi miskomunikasi.

Pernyataan tersebut dikemukakan saat mengukuhkan pengurus baru FKUB Wonogiri di pendopo rumah dinas Bupati Wonogiri, Rabu (8/6). KH Zainal Abidin menjabat sebagai ketua FKUB periode tahun 2022-2027. Dari 17 anggota forum mewakili umat Islam (Muhammadyah, LDII, NU dan MTA), Kristen, Katolik, Hindu dan Budha yang dikukuhkan Bupati Wonogiri 95 persen diantaranya merupakan wajah lama yang pernah menjadi pengurus FKUB periode 2017-2022.

Di depan anggota Forkompinda Wonogiri dan para Ketua FKUB se-Surakarta yang hadir, Bupati menjanjikan ruang dialog antara dirinya dengan pengurus baru FKUB. Dia menambahkan di luar daerah sering terjadi pendirian rumah ibadah berakhir dengan sengketa hingga terjadi penyegelan lantaran tidak ada dialog atau musyawarah yang kondusif. “Karena izin pendirian rumah ibadah dari Bupati dengan dasar ada rekomendasi forum ini (FKUB), maka saya pastikan seribu persen rekomendasi FKUB bisa dilakukan di Pemkab Wonogiri,” lanjutnya.

(Admin/Esti)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Utama