oleh

Launching Rumah Restorative Justice Wonogiri

Wonogiri – Wonogiri saat ini telah mempunyai Rumah Restorative Justice yang berada di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Rumah bernama “Omah Rembug Adil” itu berada di kompleks Kantor Desa Sendang. Launching digelar, Rabu (15/6) dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri, Drs. Haryono, MM mewakili Bupati Wonogiri.

Plt Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri, Muhammad Ahsan Thamrin menyampaikan bahwa restorative justice atau cara alternatif penyelesaian tindak pidana sejatinya merupakan kearifan lokal. Setiap konflik yang terjadi antarmasyarakat tak hanya dapat diselesaikan dengan hukum. Tetapi juga bisa melalui musyawarah-mufakat agar dapat memuaskan pelaku, korban, dan masyarakat.

“Kami ingin mengembalikan kearifan lokal, dimana tidak semua konflik harus diselesaikan di meja hijau. Jadi konflik bisa kita selesaikan dengan cara musyawarah mufakat dan dengan cara penyelesaian yang adil. Itu yang ingin kita kembalikan, harmoni kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

Kendati demikian, tidak semua permasalahan dapat diselesaikan melalui Omah Rembug Adil itu, melainkan hanya permasalahan tertentu. “Misalnya ancaman pidana maksimal lima tahun, nilai kerugian (maksimal) Rp 2,5 juta dan antara korban dan pelaku saling memaafkan dan berdamai dan tentunya pelaku juga harus mengembalikan kerugian yang diderita korban,” terang Ahsan.

Dia menambahkan, Omah Rembug Adil itu juga bisa digunakan masyarakat sebagai tempat musyawarah apabila terdapat konflik. Pihaknya bakal menjadi fasilitator maupun mediator. Selain itu, imbuh dia, masyarakat juga bisa berkonsultasi tentang permasalahan hukum disana.

(Admin)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Utama