Search for:
  • Home/
  • Baliho/
  • Selamat Hari Keluarga Nasional Tahun 2022

Selamat Hari Keluarga Nasional Tahun 2022

Wonogiri – Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tanggal 29 Juni. Peringatan Harganas sudah dilakukan sejak tahun 1993. Kemudian ditetapkan beleid Keputusan Presiden RI No.39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional.

Peringatan Harganas ke-29 tahun 2022 akan dilangsungkan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara pada 29 Juni 2022. Harganas akan diselenggarakan secara hybrid, yakni secara daring dan luring.

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan peringatan Harganas ke-29, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Kegiatan Harganas, pada Selasa (31/5).

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto menjelaskan bahwa momentum Harganas harus digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia.

“Optimalisasi delapan fungsi keluarga, yakni: agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan,” ujar Deputi Agus.

Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa.

Selain itu, Agus menerangkan, momentum Harganas menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting. Diketahui, saat ini angka prevalensi stunting di Indonesia sebesar 24,4 persen (SSGBI 2021).

Masih ada target besar untuk capai angka stunting 14 persen pada 2024. Karena itu menurut Deputi Agus, keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. Melalui pencegahan sejak sebelum perkawinan, sampai 1000 hari fase kehidupan

“Harganas ini akan menjadi momentum mengajak masyarakat untuk entaskan stunting di seluruh wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Rencananya, kegiatan Harganas ke-29 di Sumatera Utara akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo. Oleh karena itu, Agus meminta agar setiap Kementerian dan Lembaga terkait untuk memaksimalkan koordinasi dan kerja sama dalam mempersiapkan acara dengan baik.

“Kerja sama antar K/L dan mitra kerja terkait harus dioptimalkan dalam persiapan dan penyelenggaraan HARGANAS,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Utama (Sestama) Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) Pusat Tavip Agus Rayanto menjelaskan, rencana tema besar yang akan fiusung dalam penyelenggaraan Harganas adalah  “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”. Kemudian, untuk tagar yang akan digunakan adalah #KeluargaKerenCegahStunting.

Rencananya, dalam kegiatan Harganas juga akan ada sesi program-program dan kegiatan yang akan dilakukan oleh masing-masing Kementerian dan lembaga dalam urusan membangun ketahanan keluarga dan keluarga bebas stunting.

Rapat Koordinasi dihadiri oleh perwakilan Kementerian dan lembaga terkait, seperti BKKBN, Kemensos, Kemenkes, KemenPPPA,  Kementerian PUPR  Kemenkop UKM, Kemendikbudristek, kemensetneg, Setkab, Kominfo, Kemendes PDTT, dan Pemda Sumatera Utara. (*)

(Sumber : Kemenko PMK)

Leave A Comment

All fields marked with an asterisk (*) are required