oleh

BUPATI WONOGIRI LEPAS KONTINGEN JAMNAS XI TAHUN 2022

-Berita Utama-340 Dilihat

WONOGIRI_ Kamis (11/08), Bupati Wonogiri melepas Kontingen Jambore Nasional XI Kwarcab Wonogiri di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri. Acara ini dihadiri juga dihadiri oleh Wakil Bupati, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonogiri, Pembina, Peserta Jambore, serta Orang Tua Peserta Jambore.

Jambore Nasional Xl Tahun 2022 merupakan perkemahan besar Pramuka Penggalang dalam bentuk festival dan tidak dilombakan. Bagi para peserta, Jambore dapat menjadi sarana pendidikan yang mengandung nilai-nilai kepramukaan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi saat ini guna mewujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi. Jambore Nasional Tahun 2022 akan berlangsung mulai dari 14-21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur. Sebanyak 16 Peserta Jambore yang merupakan anggota gerakan pramuka pengalang dari Kabupaten Wonogiri ini akan berpartisipasi dalam acara tersebut didampingi 4 orang pendamping.

Berdasarkan laporan kesiapan kontingen Jambore Nasional yang dibacakan oleh Ketua Kwacab Wonogiri kakak Hj. Suprapto menyebutkan bahwa sumber dana yang digunakan untuk mempersiapkan kontingen kwarcap wonogiri berasal dari hibah APBD Provinsi sebesar Rp.37.725.000, hibah APBD kabupaten sebesar Rp. 20.000.000, dan iuran gotongroyong sebesar Rp. 80.000.000. sehingga total anggaran yang digunakan sebesar Rp. 137.725.000.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Wonogiri dalam sambutannya menyampaikan agar peserta yang berpartisipasi bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya, karena tidak semua Pramuka memiliki kesempatan mengikuti Jamnas, dan itu artinya adik-adik semua adalah Pramuka pilihan.

“Diharapkan agar peserta Jamnas 11 Kontingen Cabang Wonogiri dapat menjaga nama baik Pramuka Wonogiri, berlaku santun, menjalin pertemanan dan menjaga kekompakan, kerukunan, dan kerja sama dengan peserta dari daerah lain. Nama baik Wonogiri dipundak adik-adik.” pesan Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno.

Sementara itu, dalam pidatonya Bupati Wonogiri Joko Sutopo, juga mengungkapkan kebanggaannya karena Wonogiri berkesempatan untuk mengirim perwakilan ke event yang strategis seperti Jamnas. Menurutnya di era globalisasi anak-anak sudah mulai tidak begitu tertarik dengan gerakan kepanduan padahal gerakan kepanduan memiliki nilai-nilai yang strategis.

“Menanamkan semangat kebersamaan, kemandirian, meningkatkan ketrampilan-ketrampilan sehingga gerakan kepanduan ini sebenarnya memiliki aspek yang cukup strategis,” ujar Bupati Wonogiri. (admin/ganta, qodrat, yuli, rizki_magprok2022)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.