oleh

GANDENG BPJS PEMKAB WONOGIRI SOSIALISASI BPJS PBI DI 25 KECAMATAN

-Berita Utama-19 Dilihat

WONOGIRI_Pemerintah Kabupaten Wonogiri bersama BPJS Kesehatan mengadakan sosialisasi BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) di seluruh kecamatan di Kabupaten Wonogiri yang berlangsung selama 12 hari. Hari pertama Sosialisasi (19/09), Bupati Wonogiri didampingi Kepala BPJS Kesehatan Kantor Wonogiri memberikan arahan kepesertaan baru BPJS PBI di Kecamatan Manyaran dan Wuryantoro.

Sosialisasi BPJS PBI dibuka dengan penyampaian teknis oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, Dr. Setyorini. Ia mengungkapkan kemudahan kepersetaan BPJS PBI dengan menggunakan NIK.

“Tidak perlu khawatir jika belum memiliki kartu JKN, periksa boleh menggunakan KTP maupun kartu keluarga, semua layanan di fasilitas kesehatan menggunakan NIK (nomor induk kependudukan),” ujar Setyorini.

Setyorini juga menambahkan kelahiran baru pun dapat langsung didaftarkan BPJS sebelum 28 hari. Pendaftaran BPJS untuk anak baru lahir tidak perlu lewat kantor BPJS, bisa langsung melalui Whatsapp maupun Puskesmas terdekat.

“Untuk bapak-ibu yang sudah lanjut usia dan memiliki penyakit gula, monggo bisa ikut klub Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) sehingga nantinya setiap bulan bisa mengikuti penyuluhan, pengambilan obat, dan pemeriksaan rutin di laboratorium,” tambah Setyorini.

Sementara itu Bupati Wonogiri Joko sutopo dalam sambutannya mengatakan keberadaan BPJS PBI ini sejalan dengan tujuan dan visi misi Kabupaten Wonogiri, sebagai bentuk perlindungan kesehatan kepada masyarakat.

“Maka cita-cita dari Pemkab Wonogiri adalah membangun Wonogiri yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera. Salah satu indikator kemajuan Wonogiri adalah seluruh masyarakat Wonogiri menerima perlindungan kesehatan,” terangnya.

Bupati menegaskan bahwa penggunaan BPJS PBI juga dapat dinikmati secara gratis oleh anggota keluarga penerima BPJS PBI di semua fasilitas kesehatan sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. Ia juga menyerahkan secar simbolis kepada warga kepesertaan baru PBI, untuk cakupan 25 kecamatan saat ini terdapat usulan 42.444 total jiwa yang menerima BPJS PBI melalui dana APBD, APBN, dan CSR di Kabupaten Wonogiri.(admin/titan_magprok2022)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.