oleh

PEMPROV KALBAR STUDY DEVELOPMENT KETERBUKAAN INFORMASI DESA SENDANG

-Berita Utama-196 Dilihat

WONOGIRI_Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri menerima kunjungan kerja Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat dalam rangka Development Study Layanan Informasi Publik Desa yang bertempat di Balai Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Senin (14/11). Penerimaan kunjungan kerja tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Wonogiri, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri, dan Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Provinsi Jawa Tengah serta tim Development Study  Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat.

 

Pemkab Wonogiri menekankan pentingnya keterbukaan informasi publik kepada Pemerintah Desa di Kabupaten Wonogiri, sebagai wujud komitmen dan konsistensi bahwa apa yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Pemerintah Desa sudah berada dijalur yang benar yaitu mengelola potensi yang ada untuk kesejahteraan masyarakat dan menjadi pondasi penting demokrasi yang harus diperjuangkan.

Bupati Wonogiri yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Wonogiri, Drs. Teguh Setyno ,MM dalam sambutannya mengatakan, harapan dengan adanya kunjungan ini dapat memberikan manfaat khusunya berkaitan dengan tata kelola layanan informasi Desa utamanya di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri yang mampu menunjukkan optimalisasi potensi milik Desa dengan menampilkan kompetensi-kompetensi yang ada.

Ia juga mengatakan, sesuai dengan Visi Kabupaten Wonogiri yakni maju, mandiri dan sejahtera, maka dalam tata kelola pemerintahan selalu mengedepankan terjadinya integrasi dan kolaborasi antara potensi Pemerintah Kabupaten dengan Pemerintah Desa.

Sementara itu, Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Provinsi Jawa Tengah, Widi Heriyanto, S.Sos menyatakan masih terdapat 140 kasus sengketa informasi publik Desa di Provinsi Jawa Tengah. Ia menghimbau agar Pemerintah melakukan penyadaran terhadap Pemerintah Desa salah satunya dengan Bimtek Sosialisasi keterbukaan informasi.

Wakil Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat, Catharina Pancer Istyarini, SS. M. Hum mengapresiasi atas pencapaian Desa Sendang dan keberanian Kepala Desa yang sangat mempengaruhi keterbukaan informasi. Dengan adanya kunjungan ini diharapkan tim Development Study Provinsi Kalimantan Barat dapat mencari ilmu atau pengetahuan sehingga dapat membawa semangat kepada Desa-desa di Provinsi Kalimantan Barat dalam keterbukaan informasi. (admin/lola_magprok2022)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.