oleh

Telunjuk Sakti Inovasi Layanan Online, Tidak Ada Antrean Berjubel di Kantor Disdukcapil Wonogiri

-Berita Utama-12 Dilihat

Wonogiri – Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh senantiasa menekankan bahwa inovasi dalam pelayanan Administrasi kependudukan (Adminduk) adalah ruh yang harus dimiliki oleh segenap jajaran Dukcapil.

Itu pula yang dilakukan oleh Disdukcapil Wonogiri. Layanan adminduk di Wonogiri mulai Mei 2019 sudah dapat diperoleh masyarakat melalui aplikasi berbasis Android berjuluk “Telunjuk Sakti”.

Dalam kunjungan Ditjen Dukcapil ke Disdukcapil Wonogiri, Sekretaris Dinas Dukcapil Wonogiri, Herdian, mengungkapkan bahwa Telunjuk Sakti ini memberikan dampak besar pada layanan adminduk di Wonogiri.

“Terlihat bahwa layanan front office di sini tidak tampak ada tumpukan antrean. Karena masyarakat dapat langsung memohon layanan dari smartphone,” ujar Herdian.

Herdian juga mengungkapkan, ketika gelombang Covid-19 mulai menerpa, Disdukcapil Wonogiri tidak kesulitan melayani masyarakat, kendati kantor layanan pemerintahan banyak yang harus tutup atau lockdown untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

“Meskipun kantor tutup karena Covid-19, tapi layanan online kami tetap berjalan. Masyarakat tetap bisa memohon layanan melalui Telunjuk Sakti,” jelas Herdian.

Direktur Pendaftaran Penduduk, David Yama, turut menitipkan apresiasi pada inovasi layanan berbasis android di Dukcapil Wonogiri.

“Sangat bagus apa yang dilakukan oleh Disdukcapil Wonogiri. Proses tanda tangan dokumen kependudukan kan sudah dilakukan dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Jadi meskipun Kadis tidak ada di kantor, proses TTE dapat dilakukan dimana saja, asal terhubung dengan jaringan internet,” tutur Yama.

Repost : dukcapil.kemendagri.go.id

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.